Tips Menghemat Disk Space Hosting anda

by jivi on February 24, 2009 · 8 comments

Apakah anda menggunakan hosting berbayar untuk menampung domain dan blog anda? berapakah kapasitas disk space yang anda sewa? jika anda menyewa disk space sebesar 10 GB mungkin anda tidka perlu menghemat penggunaan disk space bukan? namun bagaimana jika anda hanya mempunyai disk space 25 MB sampai 100 MB? dan di isi lebih dari 1 blog mungkin akan cepat habis kapasitas disk space tersebut jika anda tidak melakukan penghematan disk space hosting anda. nah di sini saya akan memberikan tips bagi anda yang memiliki hosting dengan disk space kecil untuk menghemat disk space yang di gunakan untuk menyimpan blog anda. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Jangan upload gambar ke disk space anda

biasanya ukuran 1 gambar yang akan di upload rata-rata berukuran 50-100kb , nah jika anda dalam membuat blog menggunakan gambar yang cukup banyak  jika 1 gambar = 50 kb maka 100 foto adalah 5 MB, cukup besar bukan? hal ini tentunya akan mengurangi kapasitas disk space anda. Lalu bagaimana cara menyiasatinya? cara menyiasatinya cukup mudah yaitu anda upload gambar anda ke penyimpanan gambar online yang gratis salah satunya adalah photobucket, anda upload foto anda di sana dan salin URLnya kemudian anda pasang di posting anda. Mudah bukan? bisa menghemat disk space anda sampai beberapa MB. 😀

2. Hapus plug in dan theme yang tidak terpakai (khusus wordpress)

Biasanya para blogger yang menggunakan wordpress untuk blognya memasukkan banyak sekali plug in dan theme ke dalam wp content karena ingin coba-coba theme dan plug in. Nah berdasarkan pengalaman banyak plug in dan theme yang tidak terpakai, nah yang tidak terpakai tersebut lebih baik di hapus saja dari disk space hosting anda karena plug in dan theme wordpress bila di gabung ukurannya bisa cukup besar. Bagaimana? segera hapus sekarang, lumayan bisa menghemat beberapa MB juga. :-)

Untuk saat ini baru 2 tips saja, nanti kalau ada tips yang lain akan saya tulis.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 8 comments… read them below or add one }

mrpall February 24, 2009 at 7:07 am

tips yang amat menarik bagi pemula seperti saya….thanks. wassalammm

Reply

jivi February 24, 2009 at 11:30 am

saya juga pemula kok mas

Reply

Fikri September 15, 2009 at 4:27 pm

bagus. ni dia yg q cari…

Reply

Tips make money online March 2, 2010 at 4:38 pm

Makasih tipsnya mas. Kalo nyewa hosting di godaddy murah ngga mas?

Reply

jivi March 6, 2010 at 12:00 am

@Tips make money online, kalau di Godaddy hostingnya mahal,mending di hostgator atau arvixe..

Reply

Showbiz Notes February 12, 2011 at 3:37 pm

makasih sob… hemat pangkal kaya hehe

Reply

adit September 11, 2011 at 6:48 pm

mau tanya nih,, saya pake flickr buat upload imagenya, tapi kok untuk thumbnail post ndak keliatan imagenya ya ?

Reply

jivi September 12, 2011 at 7:50 pm

@adit : maksudnya gimana mas?? mohon di perjelas. :-)

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: