Tips menghemat bandwitdh internet anda

by jivi on January 25, 2009 · 4 comments

Anda menggunakan internet dengan sistem pembayaran volume based? jika ya anda harus bisa menghemat bandwitdh internet agar anda hemat menggunakan quota dan tidak over quota yang dapat menyebabkan bengkaknya billing internet anda. tips menghemat bandwitdh ini sangat cocok untuk volume based seperti telkomselspeedy, telkomsel volume based, atau jika anda menggunakan dial up volume based seperti im3 atau axis. selain dapat menekan biaya, menghemat bandwitdh juga dapat mempercepat koneksi internet anda. setali dua uang bukan, internet cepat dan biaya murah serta bisa browsing lebih bebas lagi. Ini dia tips menghemat bandwitdh internet anda:

1. Menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound.
Jika anda melakukan browsing ke suatu situs dan hanya membutuhkan info text nya saja di situs tersebut anda bisa menonaktifkan fungsi untuk load images dan sound, jadi bisa lebih menghemat bukan. nah ini cara untuk mengnonaktifkan fungsi load images dan sound untuk firefox dan Internet exploler.
Untuk Firefox : Tools -> Options -> Content
Untuk IE : Tools -> Internet Options -> Advanced

2. Mematikan setting update automatic.
Mematikan setting update automatic pada windows, antivirus maupun software yang lain dan pindah ke setting ke manual update. Karena ada beberapa program yang kita install melakukan download update secara otomatis.jika update otomatis maka bandwitdh akan terpakai banyak sekali, karena update seperti itu memakan bandwitdh yang besar

3. Install Add-ons Adblock Plus.
Plugin ini berfungsi untuk mengeblok iklan-iklan yang muncul di suatu situs kalo kita membuka situs tersebut.
Untuk firefox anda bisa menginstall add-ons Adblock plus (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1865).
add-ons firefox ini mampu mengeblok iklan gambar dan iklan flash.

4. Menggunakan program kompresi images seperti toolnel.
Dengan program ini, maka data akan dikompres terlebih dahulu sebelum masuk ke komputer kita.
Anda bisa mendownload di http://www.toonel.net/downloads.html

5. Menggunakan Web mail yang support AJAX
Gunakan layanan email yang support AJAX dimana tampilan bekerja efisien sehingga data yang kita download lebih kecil. Web mail yang support AJAX antara lain GMail dan Yahoo Mail dengan versi barunya.

6. Gunakan salah satu browser saja.
Gunakan salah satu browser saja, misalnya kalau Firefox gunakanlah Firefox terus, kl Internet Explorer gunakanlah Internet Explorer terus, jangan berpindah-pindah.
Karena setiap browser memiliki cache sendiri, sehingga jika Anda membuka situs yang sudah pernah anda kunjungi, maka browser tersebut tidak akan mendownload seluruh data lagi, karena beberapa sudah tersimpan di browser komputer anda berupa cache.

7. Gunakan saja firefox

Firefox memiliki keunggulan yaitu downloadnya lebih kecil di bandingkan dengan browser lainnya, jadi lebih cepat dan hemat bukan. selain itu firefox memiliki banyak sekali add ons yang dapat digunakan untuk optimasi browsing anda.

selamat mencoba

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 3 comments… read them below or add one }

sekmen batola February 12, 2009 at 2:17 am

Saran pengehematan yang sangat berguna bagi saya yang kebetulan menggunakan telkomselspeedy. mantap dan thanks banyak.

Reply

jivi February 12, 2009 at 4:55 pm

@sekmen batola: iya,, hemat bandwitdh ini sangat berguna untuk speedy

Reply

hafiz June 22, 2009 at 8:49 pm

thx yo mas infonya sangat berguna utk sy.

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Page 1 of 11