tentang alexa rank by awang sang jivi priswari

by jivi on February 23, 2009 · 4 comments

Alexa rank? yah alexa sekarang sering di gunakan sebagai indikator jumlah pengunjung suatu blog atau website. semakin baik rangking alexa atau nilainya semakin rendah maka website tersebut semakin banyak pengunjung dan semakin bagus. seperti peringkat di sekolahan saja semakin kecil berarti semakin bagus. tapi apakah hal tersebut bisa di jadikan indikator yang sebenarnya tentang jumlah pengunjung suatu blog? saya rasa itu semua tergantung kepada anda. kenapa? karena alexa rank yang lebih bagus belum tentu traffic harian blog atau website tersebut lebih banyak dari pada blog dengan alexa rank yang lebih jelek. Tapi secara umum memang alexa rank yang lebih rendah memiliki traffic harian yang lebih bagus.

Kenapa hal ini bisa terjadi? hal ini di sebabkan karena algoritma yang di gunakan oleh alexa sangat aneh, sayapun tidak mengerti dari mana alexa bisa merangking situs yang ada di jagad raya internet ini. Tapi saya di sini akan share yang saya pahami tentang alexa rank, jadi jika ada yang salah mohon di koreksi. alexa setiap hari menghitung traffic harian suatu blog kemudian di rata-ratakan traffic blog selama 1 minggu dan kalau tidak salah juga di rata-ratakan traffic selama 3 bulan. Dan rangking alexa itu sendiri mengacu kepada rata-rata traffic selama 3 bulan, artinya setiap blog di hitung trafficnya tiap hari selama 3 bulan dan di rata-ratakan. hasil rata-rata setiap blog di urutkan dari yang terbaik sampai yang terendah. kemudian berdasarkan urutan tersebut rangking alexa di dapat. Coba lihat gambar di bawah ini:
awang jivi alexaData di atas adalah traffic rank blog awangjivi.com, saat ini alexa rank blog ini adalah 234.518, jika di lihat dari data di atas bahwa alexa rank di urutkan berdasarkan rata-rata pengunjung selama 3 bulan terakhir. Jadi dapat di katakan bahwa alexa rank juga memperhitungkan umur blog atau website itu sendiri. Jika blognya masih berumur di bawah 3 bulan maka alexa ranknya belum terlalu bagus karena blog tersebut baru berjalan kurang dari 3 bulan tapi di rata-ratakan 3 bulan jelas kurang bagus hasilnya. Mungkin alexa rank akan terlihat maksimal setelah blog tersebut berjalan kurang lebih 6 bulan.

selain karena faktor di atas ada juga yang menyebutkan bahwa alexa dalam menghitung jumlah traffic di pengaruhi oleh di pasang tidaknya alexa toolbar di blog. jika blog di pasang alexa toolbar maka akan lebih tepat alexa dalam menghitung jumlah pengunjung suatu website. Ini merupakan pengalaman berbagai pihak, saya sendiri memang dari awang memasang alexa toolbar. jadi tidak tahu effect yang terjadi jika kita memasang atau tidak alexa toolbar ini.contoh alexa toolbar ada di sebelah sidebar sebelah kanan blog ini. Jika anda ingin memasang alexa toolbar juga bisa kunjungi situs alexa.com.

Sekian penjelasan saya awang sang jivi priswari tentang alexa rank jika ada yang salah mohon di koreksi karena saya sendiri masih belajar. terima kasih

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 4 comments… read them below or add one }

Bayu March 31, 2010 at 10:44 pm

Mau ralat sedikit tulisan anda, maaf sebelumnya. Setahu saya Alexa toolbar itu yang di install di browser kita. Demikian juga dengan Alexa Sparky. Kalau yang ada di sidebar blog, itu namanya Alexa Widget

Reply

jivi April 5, 2010 at 10:38 pm

@Bayu, makasih atas koreksinya,heheh,, saya juga gak tau napa 1 tahun lalu nulis yang ginian,,hehe

Reply

Gemby April 25, 2011 at 12:47 pm

mengapa oh mengapa alexa saya kok gak naek2 padahal udah di update di apain tetep aja segitu..
terus ada blog temen yang jelek malah tinggian dia rank alexanya..
gmana solusinya ya ?

Reply

jivi April 28, 2011 at 7:57 pm

@Gemby, sebelumnya saya tanya dulu, apa pentingnya alexa buat anda?

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: