Target Akademik Semester 5 Tercapai

by jivi on January 20, 2010 · 4 comments

Semester 5 saya telah resmi berakhir seiring dengan telah keluarnya nilai akademik semester 5 saya, puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena target akademik saya untuk semester ini terpenuhi bahkan jauh diatas target yang saya canangkan. Dengan target awal mendapatkan IP 3.25 untuk semester 5 ini eh malah di kasih ama yang di atas 3.6 walah walah saya sangat bersyukur sekali mengingat semester ini saya habiskan banyak waktu untuk bisnis online dan main setiap hari bersama teman teman saya. Di kelaspun selalu tidur gara-gara begadang internetan semalaman sampai-sampai saya di juluku “The Sleepy One” oleh teman-teman saya dikampus.:-)

Nah tapi walaupun begitu saya ada sedikit masukan bagi anda yang masih kuliah tentunya bagaimana membuat prestasi anda dikampus optimal tanpa banyak mengganggu pekerjaan anda yang lain:

1. Ambillah SKS yang sesuai dengan kemampuan anda, pertimbangkan dahulu tingkat kesulitan mata kuliah yang diambil jangan sulit semua dan jangan susah semua, merata jauh lebih baik. Saya rata-rata mengambil hanya 19-21 sks setiap semester karena memang segitu kemampuan saya.

2. Belajarlah yang efisien, maksudnya adalah temukanlah metode belajar anda yang paling tepat dan paling menghemat waktu. Pada dasarnya setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. saya baru bisa belajar jika dalam tekanan, jadi saya belajar sekitar 10-24 jam sebelum ujian, karena dengan tekanan itu materi-materi yang akan diujiankan bisa saya serap. Jika saya belajar jauh-jauh hari malah tidak masuk, saya menemukan metode belajar efisien untuk diri saya saat saya SMA jadi sudah terbiasa. Ada juga teman saya yang belajar harus di iringi musik musik keras, tapi itu paling efisien buat dia. Jadi temukanlah metode belajar yang paling efisien buat anda.

3. Kerjakan tugas yang diberikan dosen, konon katanya dengan mengerjakan tugas maka kita akan terlatih dan mendapatkan ilmu serta dalma ujian bisa menjawab. (saya jarang melaksanakan yang ini, saya sering mencontek dalam mengerjakan tugas).:-)

4. Share dengan teman, dengan anda saling berdiskusi dengan orang lain atau mendengarkan diskusi orang maka ilmu yang anda dapatkan akan bertambah.

5. berdoa kepada Allah SWT, karena-Nya lah semua berasal, tidak perlu saya jelaskan karena ini bersifat mutlak benar dan saya anggap anda sudah mengetahui.:-)

Nah setelah semester 5 selesai sekarang saatnya menghadapi semester 6 yang akan dimulai 25 januari 2010 sampai awal mei 2010.untuk semester 6 saya akan mengambil mata kuliah sebagai berikut:

1. Propulsi Pesawat Udara

2. Analisis dan Perancangan Struktur Ringan 2

3. Dinamika Terbang

4. Sistem Transportasi Udara

5. Sistem Pesawat Udara

6. Managemen Industri

7. Kerja Praktek

Jumlah sks 7 mata kuliah diatas baru 16, masih ada 5 sks kosong lagi dan bingung mau ngambil apa.:-) Oh ya, kenapa mata kuliahnya banyak pesawat udara? karena ya saya kuliah diteknik penerbangan di salah satu perguruan tinggi di bandung. Kalau banyaknya kapal laut, itu mah teknik perkapalan. Nah ada sedikit pesan juga dari saya bahwa kuliah tuh bukan halangan kita untuk mengerjakan banyak hal.

NB : Posting ini saya tujukan untuk motivasi dan membuka jalan pikiran. semoga bermanfaat.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 4 comments… read them below or add one }

Regi January 20, 2010 at 5:57 am

makasih motivasinya…link blog ini sudah saya pasang…silakan dicek…ditunggu link baliknya yaaa…makasih..

Reply

jivi January 20, 2010 at 10:58 am

@Regi, sipp sudah di pasang.. di awangjivi.com/blogwalking

Reply

Owi January 20, 2010 at 8:17 pm

ruarr biasa,,,eh itu IP atau IPK ya?

Reply

jivi January 20, 2010 at 8:26 pm

@Owi, itu IP wie,, semester 6 aja, IPK mah masih dibawah itu,, soalnya aktu tingkat 1 hancur semua nilainya,hehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: