Semakin Mahalnya Biaya Kuliah Di ITB

by jivi on December 22, 2009 · 17 comments

itbbaru Semakin Mahalnya Biaya Kuliah Di ITBITB ya Institut teknologi Bandung yang merupakan salah satu universitas terbaik dinegeri ini makin tahun makin mahal biaya masuk kuliah dan biaya kuliah perbulannya untuk para mahasiswa baru. Coba saja di bandingkan dengan saya yang masuk pada tahun 2007,rincian sebagai berikut:

Masuk lewat USM Daerah biaya minimal Rp.45.000.000

Masuk lewat USM Terpusat biaya minial Rp.15.000.000

Masuk lewat SPMB biaya minimal 0

Sedangkan biaya kuliah persemester berkisar antara Rp.2.250.000 – Rp.3.050.000 (tergantung pertimbangan prestasi dan kondisi keuangan mahasiswa yang bersangkutan)

Pada kenyataannya lebih banyak mahasiswa yang masuk melalui USM Daerah atau Mahasiswa yang masuk lewat USM PUSAT namun sebelumnya sudah ikut USM Daerah (jadi tetap bayar minimal 45 juta).

Sedangkan Untuk Tahun ajaran 2010/2010 mendatang, biaya awal dan biaya persemester adalah sebagai berikut:

Masuk lewat USM Daerah biaya minimal Rp.55.000.000

Masuk lewat USM Terpusat biaya minial Rp.25.000.000 (untuk seni rupa minimal 15 juta)

Masuk lewat SPMB biaya minimal 0 (sepertinya,soalnya gak ngalamin)

Nah yang membedakan adalah biaya persemester yang mulai tahun ajaran 2009/2010 menggunakan sistem paket, jadi makin banyak sks yang diambil akan makin mahal. dengan rincian sebagai berikut:

-Biaya pokok per-semester sebesar Rp.1.750.000

- Biaya per-sks sebesar Rp.150.000,00 (Lebih Mahal dari universitas swasta bo)

Jika rata-rata mahasiswa mengambil 20 sks setiap semester maka yang harus di bayarkan adalah sebesar Rp. 4.750.000 (gila, 2 kali lipat bayaran saya setiap semester).

Nah, dari data sekilas diatas saja bisa memberikan gambaran semakin mahalnya kuliah di ITB. Ini tentu akan merugikan siswa yang pintar namun kurang mampu jadi takut ikutan USM,karena 60% mahasiswa ITB di terima melalui USM, sisanya melalui SNMPTN. Banyak siswa pintar yang takut ikut USM karena alasa biaya, jadi ikutan SNMPTN, di SNMPTN sendiri saingan makin banyak jadi peluang jadi lebih kecil.(formulir USM saja sudah diatas 700 ribu). Dengan naiknya biaya ini, maka mahasiswa yang masuk ITB juga makin tinggi taraf hidupnya, hal ini bisa dilihat dengan makin banyaknya mobil yang di parkir di daerah kampus, terus parkir motor menjadi sangat penuh sekali. Berbeda dengan saat saya masuk tahun 2007, dimana masih cukup banyak ruang untuk parkir.

Tapi saya kurang bisa melihat pembangunan di dalam kampus sendiri, fasilitas yang diberikanpun kurang baik jika melihat mahalnya biaya kuliah. Hal ini saya bandingkan dengan universitas seperti UPI atau UNPAD yang biaya kuliah lebih murah namun fasilitas baik dan bagus dalam sarana dan prasarana. Ya mungkin sebagian besar dananya digunakan untuk riset dan penelitian.

Sebenarnya di ITB sendiri banyak beasiswa yang banyak jenisnya, jadi mungkin ini bantuan dari ITB-nya, tapi saya belum pernah mendapatkannya, hampir sih cuma ada syara yang tidak terpenuhi dan lupa untuk memenuhinya. Bagi adik-adik yang mau masuk ITB tapi takut masalah biaya, jangan takut karena ada banyak beasiswa, asal anda berprestasi maka peluang mendapatkan beasiswa makin besar.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 16 comments… read them below or add one }

anonim January 20, 2010 at 5:09 pm

jadi urungkan niat masuk itb

Reply

jivi January 20, 2010 at 9:13 pm

@anonim, jangan begitu, beasiswa banyak di itb kok

Reply

MQ March 8, 2010 at 11:33 pm

silakan bandingkan sendiri…
harus diakui biaya pendidikan di Indonesia memang semangkin bertambah mahal. semoga pemerintah kita memberikan perhatian yang lebih serius terhadap hal ini, atau kita akan selalu kalah saing dengan negara lain yang lebih memperhatikan mutu dan biaya pendidikannya. thanks

Reply

jivi March 9, 2010 at 7:57 am

@MQ, yups benar, dari data yang anda sajikan ternyata di indonesia mahal tapi kualitas masih di bawah mereka

Reply

jhon March 12, 2010 at 10:18 am

pagi semua..
boleh nanya nih..
saya tamatan tahun allu, mau nempuh ITB lagi.. jujur ya.. saya nangis denger biaya ITB lebih dari 20 jt. saya hanya anak petani, sejak smp sudah biaya sendiri. saya memang memiliki banyak prestasi, karya tulis ilmiah saya lebih dari 10 judul dan 70% nya juara tingkat nasional.

saya mau minta tolong sama yang baca semuanya.. kira2 gimana mencari orang tua asuh ya.. saya akan masuk ITB ujian terpusat nanti.
oh ia satu lagi. ada yang bisa beritahu alamat nge download soal2 itb atau bisa didapatkan dimana ya..

saya pingin masuk perminyakan ITB.
mohon di email ya.
junaidi@gmail.com

Reply

jivi March 12, 2010 at 4:36 pm

@jhon, di itb banyak sekali beasiswa untuk yang kurang mampu.. coba di facebook anda bergabung dengan grup beasiswa itb

Reply

ra'an April 18, 2010 at 1:42 pm

yaH..
ITB hanya sekedar mimpi..
ekonomi pas-pasan
kemampuan juga pas-passan
mau beasiswa, munkin juga g’ memenuhi syarat..
jadi mau apa…

Reply

jivi April 25, 2010 at 9:44 pm

@ra’an, coba aja,, jangan menyerah,.,

Reply

nuraeni May 9, 2010 at 10:06 am

pengen masuk itb
tapinya kalo biayax malah bgt mah
jd mciut
palagi biaya sndri

Reply

jivi May 13, 2010 at 12:14 am

@nuraeni, banyak beasiswa ko di itb

Reply

pjer August 2, 2010 at 1:40 pm

wah baru baca ini.. kalo menurut saya, biaya di itb itu pas kok,, kalo pun ga mampu bayar semuanya, bisa pake penangguhan (penundaan pembayaran). di samping itu, yg ikut penangguhan didahulukan mendapat beasiswa.. dan itb punya asrama, per bulan cuma 120rb,udh aer+listrik. biaya semua jurusan sama, teknik dan sains sama. untuk teman2 yg pintar, ga usah khawatir.. di ITB ga ada namanya di DO karena ga punya uang untuk bayaran. saya juga orang sederhana kok

Reply

jivi August 4, 2010 at 10:04 am

@pjer, yang saya maksud bukan biaya kuliah saja tapi biaya masuk kuliah lewat jalur USM, dengan minimal 45 juta apakah itu masih bisa di sebut murah? bagi keluarga saya itu sangat besar jumlahnya,, kalo soal biaya semester mah relatif ya, tapi dengan uang semester angkatan baru yang mencapai 4 juta/semester itu cukup besar lho. banyak lo orang pintar yang minder ikutan USM dan cuma nyoba SNMPTN dan akhirnya gagal karena terlalu banyak saingan,,

Reply

pejer August 9, 2010 at 3:56 pm

ya kalau memang tidak mampu lewat usm, bisa lewat snmptn.. kalau saya punya uang pun, saya akan ikut usm.. tapi, karna ga punya, saya masuk itb lewat snmptn.. lewat snmptn bisa gratis loh bayar uang kuliah. maaf, tapi anda dapat informasi dari mana kalau uang kuliah angkatan baru 4juta/semester? saya ga bayar semahal itu disini.
kalau masalah banyak saingan ikut snmptn, itu pinter2 kita aja..namanya juga seleksi.buktinya saya masuk aja tuh.
maaf yah. tapi teman2 saya yang lulus usm, yang punya uang, mereka pintar-pintar juga. di usm kan juga di tes kemampuan akademiknya.
sekadar info, disini, kalau memang pintar, banyak loh beasiswanya, saya baru masuk aja udah dpt beasiswa.jadi ga usah takut di DO karena ga bisa bayar semesteran

Reply

jivi August 9, 2010 at 6:44 pm

@pejer, ya tapikan quota yang lewat USM kurang lebih 60-70% dari kuota ITB, snmptn cuma 30-40% jadi ya saingannya makin besar.. ya saya juga mahasiswa itb angkatan 2007.. ibaratnya angkatan 2010 aja biaya tetap persemester 1.750.000 terus 1 sks sekarang 125.000 dengan beban misalnya 20 sks makanya 1 semester bisa 2.500.000 + 1.750.000 = 4.250.000.. 4 jutakan? masa anak itb juga gak tau keadaan adik kelasnya..

ya saya juga lewat snmptn tapi tetep aja melihat beberapa teman saya maupun orang yang curhat tentang biaya usm yang mahal, dan memang juga lewat USM juga pintar2, siapa yang bilang bodoh?

ya beasiswa juga banyak memang, tapi saya di sini gak terlalu banyak bicara uang semesteran melainkan biaya masuk USM yang tinggi, jika di bandingkan UI maupun UGM kampus kita ini cukup tinggi biaya masuk maupun formulir pendaftarannya..

Reply

NA December 28, 2010 at 1:42 pm

ngk ko Mas, ITB masih mending biayanya dibanding UNPAD
jangan miris sama fasilitas yang ada, itu mungkin karna gimana keuangannya…
UNPAD lebih mahal ko guys… tenang, ITB masih ok

Reply

jivi January 9, 2011 at 1:02 am

@NA, emang unpad berapa? teman saya kuliah di IP unpad,, biayanya masih di bawah 2 juta lho.. ITB sekarang dah hampir 4 juta.. saya sering maen ke nangor, fasilitasnya jauh lebih bagus dari pada ITB

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Page 1 of 11