Saya Resmi Menjadi Full Time Blogger

by jivi on June 21, 2012 · 17 comments

Full Time BloggerSaya memang sudah menjalankan bisnis online sejak pertengahan tahun 2009 secara serius namun hanya sebatas pekerjaan atau kegiatan paruh waktu saya saja disamping kuliah yang saya jalani. Karena kesibukan kuliah disalah satu Institut di Bandung membuat saya terkadang berhenti bisnis online untuk sementara hanya untuk mengerjakan tugas yang menumpuk setiap harinya. Selain itu skripsi yang saya kerjakan juga akhirnya selesai juga dan telah di wisuda pada bulan oktober 2011 lalu dan saya resmi mempunyai gelar ST dibelakang nama saya. Setelah itu saya mempunyai kebimbangan antara mencari kerja, beasiswa, bisnis offline atau bisnis online.

Pada awal-awal kelulusan saya, saya berniat melamar ke Garuda Indonesia namun saya urungkan karena malas untuk bekerja di Jakarta. Kemudian saya berniat untuk mencari beasiswa ke salah satu universitas di Korea Selatan namun ini urung terjadi karena nilai TOEFL saya masih di bawah 550 dan malas untuk belajar TOEFL. Setelah itu saya melihat teman-teman saya yang sudah bekerja sekian bulan di perusahaan seperti Garuda Indonesia, GMF, Abyor hingga TOTAL tapi semuanya tidak ada yang membuat saya iri, karena mereka bekerja setiap hari senin sampai jumat dari pagi hingga sore dan kadang lembur. Sepertinya rutinitas seperti itu membuat strees hingga akhirnya saya putuskan untuk tidak bekerja di perusahaan dan ingin menjalankan bisnis sendiri.

Lalu bisnis apa yang hendak saya pilih? setelah beberapa tahun menjalankan bisnis online secara paruh waktu saya putuskan untuk menjadi full time blogger atau tidak setengah-setengah lagi. Saya akan serius menggarap bisnis-bisnis saya, mulai menginvestasikan uang saya di bisnis ini. Pada saat paruh waktu dahulu saya malas untuk investasikan uang dibisnis ini tapi setelah belajar dari teman sekaligus guru bisnis online saya, investasi mempercepat kesuksesan jika dilakukan dengan cara yang benar. Dan akhirnya saya putuskan untuk menjadi full time blogger hari ini, segala sesuatu yang saya ketahui tentang bisnis online akan saya share di blog awang jivi yang juga akan berubah menjadi blog bisnis online. Selain itu saya juga mempunyai planning kedepan yang jelas sehingga bisnis ini dijalankan dengan perencanaan yang jelas dan tidak asal-asalan.

Doakan saya kawan

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 17 comments… read them below or add one }

ibnoe cahyadie June 24, 2012 at 12:26 am

sebelumnya salam kenal gan. ini menurut saya gan…!, sebaiknya agan pikir baik-baik dulu gan untuk mengambil keputusan. menurut saya percuma dan sia-sia gelar ST yang agan perjuangkan selama beberapa tahun toh akhirnya agan tidak menggunakannya sesuai dengan gelar yang agan miliki. terus terang gan sehari-hari rutinitas saya hanyalah sebagai kuli bangunan untuk mendapatkan uang agar saya bisa kuliah, dan alhamdulillah sampai sekarang saya masih belum juga bisa kuliah, walaupun belum terwujud saya tetap harus sabar. Sementara agan yang udah selesai kuliah, dan agan lebih memilih untuk full time menjadi blogger, saya rasa agan sangat menyia-nyiakan waktu dan biaya yang agan habiskan bertahun-tahun. saya tidak ingin merubah pilihan agan, hanya saja walaupun kita tidak saling kenal, kalau boleh menyarankan sebaiknya agan cari jugalah penghasilan offline agar gelar ST agan tidak sia-sia, dan mohon dimaafan jika ada yang salah dengan apa yang saya sampaikan………

Reply

jivi June 24, 2012 at 11:07 am

@ibnoe cahyadie : salam kenal juga mas ibnoe cahyadi, terima kasih atas saran-saran dari mas ibnu yang sebenarnya adalah saran yang cukup baik. Saya rasa dengan saya menjadi full time blogger saya tidak menyia-nyiakan apa yang saya dapat saat kuliah, saat kuliah bukan hanya ilmu eksak saja yang saya dapatkan melainkan ilmu untuk manage waktu, manage pekerjaan dan beberapa ilmu lain saya dapatkan. Nah sebagai full time blogger saya mengaplikasikan beberapa ilmu yang saya dapat selama kuliah. Saya dulu biaya kuliah juga sendiri hasil dari bisnis online, dan pastinya saya tidak akan selamanya menggantungkan hidup sebagai full time blogger. Saya akan mengumpulkan uang untuk selanjutnya membuka usaha offline sebab saya kurang bersemangat jika harus bekerja kepada orang lain yang hanya akan menguras keringat saya untuk keuntungan orang lain. btw terima kasih atas sarannya. :-)

Reply

onlysigit June 25, 2012 at 6:10 pm

mantap mas, jangan pernah meragukan pilihan yang sudah dibuat. jalankan sepenuh hati dan keyakinan yang tinggi, persiapkan diri menghadapi badai besar didepan, semua hal yang INDAH didapatkan dengan hasil keyakinan, kerja keras dan pastinya berdoa kepada Allah SWT. Keep Fighting…

I stiil behind you. “BELIEVE”

Reply

jivi June 27, 2012 at 11:29 am

@onlysigit : pasti mas ono, selalu berusaha sekuat mungkin dan sekeras mungkin dengan di iringi doa dengan keputusan yang di ambil.

Reply

Diar June 27, 2012 at 1:19 am

entah kenapa saya nyasar ke blog ini lagi, masih inget gak?? saya tau blog ini pas CIO lagi rame2nya,

IMO, sayang banget, kalo bisa mending amalin ilmu dari ITB. entah itu jadi apa, tp saya yakin bkl banyak orang yang kebantu.

Reply

jivi June 27, 2012 at 11:27 am

@Diar : masih inget kok, waktu dulu jaman CIAO ya.. Ya saya pasti pake ilmu dari ITB buat bikin usaha di masa mendatang, sekarang cari modal dulu dari bisnis online.hehe

Reply

ZonaIde July 3, 2012 at 3:03 pm

Wah, Serius Lah Mas.. Kalau Menurut Saya mendingan cari yang lain dulu mas, Soal Blog & Bisnis Online bisa sampingan…

Reply

jivi July 3, 2012 at 3:10 pm

@Zonalde: saya serius sekali mas.. simplenya saja.. mending penghasilan 10 juta/bulan dari blog/bisnis online dan punya banyak waktu sampingan buat ngembangin bisnis yang lain atau kerja dengan gaji 4-5 juta/bulan di jakarta dan gaji masih tetap selama 5 tahun kedepan? soalnya kalau kerja saya lihat dari teman-teman saya sudah tidak punya waktu untuk melakukan hal lain, jadi gak bisa blog. pergi pagi pulang malem langsung tidur. soalnya blog kalau hanya sampingan ya hasilnya sampingan, kalau fokus Insya Allah hasilnya juga gak main-main.

Reply

naraka July 4, 2012 at 6:30 am

selamat pagi semuanya dari Bogor 😀
sebelumnya saya sangat sangat sangat sangat berterimakasih kepada pemilik blog ini mas Awangjivi :) . Saya sebenarnya pengunjung setia blog ini mas, cuma saya malas kalow mau ninggalin komentar, hehehe…
saya masih inget artikel pertama yang saya baca dari Blog ini waktu itu tentang mobil yang berhasil mas beli. Waktu itu saya masih duduk di kelas 1 SMA klow ga salah. Karena tulisan2 mas yang menginspirasi membuat saya langsung tancap gas membuat blog gratisan pertama saya dan mendalami ilmu bisnis online. Dan sampai saat ini saya sudah masuk ke kuliah di IPB Bogor masih tetap tancap gas di dunia bisnis online. Benar2 mengharukan dan membuat semangat kalow membaca kisah2 orang sukses kaya mas Awang.
Saya terkadang juga putus asa karena udah beberapa bulan ga dapet apa2 tapi dari beberapa artikel di sini dan di blog lain saya akhirnya mampu berdiri sampai saat ini di internet dan sudah mulai membangun bisnis online saya dengan beberapa rancangan.
Sekali lagi terimakasih mas Awang atas tips trik dan infonya saya harap kita bisa lebih banyak sharing di YM atau Skype. Trimakasih juga buat master2 Bisnis Online yang sudah membimbing saya … masih banyak yang perlu saya pelajari. 1 kata yang pernah saya ingat dari teman “Tuhan akan memberikan padamu apa yang menurutNya mampu untuk kamu dapatkan. Dan lakukan apa yang kamu yakini, jika tidak mundur sekarang”.
Trimakasih semuanya… I’m Blogger and Im Pround !!!!!!!!!!!!!!!!!!

Basanya ga jelas mohon dimaklumi, semangat banget soalnya nulisnya… ada teman seperjuangan 😀 😀 😀

Reply

jivi July 5, 2012 at 12:36 pm

@naraka: wah salam kenal ya naraka, saya gak menyangka kalau tulisan-tulisa saya menginspirasi anda. Dan selamat sekarang sudah kuliah di IPB yang pastinya banyak saingan yang sudah anda singkirkan. sekarang juga serius menjalankan bisnis onlinekan? tetep serius dan tekuni dan tidak melupakan kuliah karena kuliah juga bermanfaaat buat bisnis online. jangan pernah putus asa dengan keadaan, belum dapet apa2 artinya suatu saat nanti bakal dapet apa2 dan jangan menyerah.

saya sudah yakin dengan keputusan saya saat ini dan sudah bulat menjalankannya. saya juga gak jelas tulisannya, sering2 mampir kesini ya soalnya mulai bulan ini bakal banyak tips yang akan saya bagi. :-)

Reply

naraka July 10, 2012 at 4:07 pm

oke mas brooo siap wal afiat… mas broo boleh minta YM ndak ?
pengen ne ngbrol2 bagi info gitu… hehehe 😀
pokoknya saya tetep semangat dan ga bakal nyerah karena saya yakin dengan apa yang saya lakukan…

Semangat Blogging !!!!!

Shendy Wilandria July 5, 2012 at 12:28 pm

Saya rasa resikonya sangat tinggi sekali. Bisnis itu biasanya naik turun dan tidak stabil. Tapi, apapun itu keputusan mas bro, mungkin harus siap dengan resiko. Ya, setiap pilihan ada resiko, tapi ada yang memiliki resiko besar, ada pula yang kecil. Tapi kalau anda sudah yakin, kembali lagi itu pilihan. IPK mas bro kan gede tuh, lulusan ITB pula. Diluar sana ada pintu emas terbuka lebar, di bisnis mungkin mas bro sendiri yang harus membuat pintu emas itu sendiri.

Dan untuk TOEFL sepertinya mau buat urusan kerja atau bisnis online sama pentingnya. Bahasa inggris kan modal utama juga di dunia Online. Nanti kalo kepikiran untuk les lagi ajak-ajak ya bro.

Salam,
Shendy Wilandria

Reply

jivi July 5, 2012 at 1:57 pm

@shendy wilandria: segala sesuatu yang kita kerjakan pasti ada resikonya, mau kerja mau bisnis pasti ada resikonya. kalau bisnis emang naik turun,, kadang 10 juta kadang 20 juta ntar balik lagi ke 15 juta dan kadang dapet 50 juta ya itulah bisnis selalu naik dan turun. Kalau kerja enaknya stabil ya, stabil di 5 juta terus selama 5 tahun terus ntar naik lagi jadi 6 juta tapi inflasi naeknya lebih tinggi lagi.hehe

IPK tidak menjamin masa depan, dari pada masuk ke pintu emas milik orang lain lebih baik memasuki dan membuat pintu emas sendiri, bukankan begitu bung shendy? dimana cita-cita dan impian terus dijaga walaupun banyak rintangan dan halangan saat ini, tapi yakinlah sukses akan datang.

yups TOEFL sangat penting, mari nanti kita les bareng2 bro.

Reply

eljohn-us July 27, 2012 at 4:42 pm

Keep spirit mas bro.. sukses buat bisnis online nya !!

Reply

jivi August 2, 2012 at 11:52 am

@eljohn-us : makasih banyak masbro.. :-)

Reply

iam detailer August 2, 2012 at 9:09 am

Mantap nich mas jivi. Saya ikut senang … saat ini saya masih menyukai bidang pekerjaan offline saya (pekerjaan yg dulu saya impikan). Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat saya juga jadi full time blogger untuk mengais rezeki melalui internet marketing.

Reply

jivi August 2, 2012 at 11:51 am

@iam detailer: soal pekerjaan relatifkan ya mas, setiap orang punya kesenangan masing2. ada yang suka kerja online dan ada yang offline kaya anda, dan dua2nya bagus dan tidak perlu di perdebatkan bukan. Yoi mas, semangat terus mas mengejar kesuksesan.hehe. rezeki bisa dari mana aja mas asal kita berusaha dan berdoa. :-)

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: