Pandapat Tentang Kebangkrutan Mandala Airlines

by jivi on January 15, 2011 · 0 comments

Beberapa hari yang lalu tersiar kabar bahwa salah satu perusahaan penerbangan swasta di Indonesia yaitu Mandala Airlines mengalami kebangkrutan. Akibat dari kebangkrutan tersebut adalah Mandala Airlines berhenti beroprasi entah untuk sementara waktu atau untuk selamanya. Hal ini tentu menarik karena dipandangan masyarakat Mandala merupakan airlines terkemuka dan satu-satunya perusahaan penerbangan swasta di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi keselamatan dari Asosiasi Perusahaan Penerbangan Internasional. Selain itu pertengahan tahun lalu Mandala membuka layanan penerbangan jakarta-singapura dan balikpapan-singapura dan meremajakan armada dengan membeli beberapa pesawat baru dari Airbus. Tentu hal ini sangat mengejutkan beberapa pihak, namun saya tidak terkejut dengan kejadian ini.

Ruang lingkup bisnis penerbangan merupakan bisnis yang sangat riskan dengan modal yang sangat besar namun keutungan relatif kecil jika dibandingkan dengan modal yang ditanamkan. Selain itu perputaran uang (cash flow) di bisnis penerbangan sangat cepat sekali, bahkan dalam satu hari dari satu airlines besar total perputaran uang bisa mencapai ratusan juta dollar yang terus berputar. Kebanyakan airlines diluar negeri dalam membangun bisnis ini bukan hanya melayani penerbangan saja namun juga menambahkan paket-paket seperti paket hotel dan lain-lain sehingga sumber pemasukannya bukan dari satu sumber saja.

Dalam kasus Mandala Airlines saya rasa disebabkan karena kurangnya perencanaan kedepan, mereka berani membuka rute baru dan meremajakan armada namun tidak ada pendukung yang kuat dan pertimbangan yang matang tentang cash flow dimasa mendatang. Selama ini memang sudah banyak sekali airlines baik yang kecil maupu yang besar mengalami kebangkrutan, ya dikarenakan bisnis airlines ini merupakan bisnis yang butuh modal besar dan persaingan yang sangat ketat. Salah satu airlines terkenal yang bankrut beberapa bulan lalu adalah Japan Airlines, mereka menunggak hutang hingga $16 milyar, namun sekarang mulai bankit dengan melakukan aliansi dengan American Airlines. Semoga Mandala Airlines kelak akan bangkit dan membangkitkan gairah penerbangan di Indonesia.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: