PageRank & Alexa vs Traffic

by jivi on May 15, 2010 · 10 comments

Pagerank,Alexa dan traffic (jumlah pengunjung) merupakan hal yang sangat ingin di tingkatkan saat pertama kali membuat blog dan terkadang menimbulkan banyak persepsi yang menurut saya kurang benar. Banyak orang yang ingin mencari uang di internet dengan membuat blog berusaha mati-matian meningkatkan pagerank dengan cara link exchange atau cara-cara lain serta mencari cara untuk mengecilkan peringkat alexa. Persepsi sebagian orang dengan alexa kecil dan pagerank besar maka akan mendapatkan uang melimpah dari internet. Apakah ini benar? belum tentu karena jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Hal ini tergantung cara monetizing blog tersebut, jika kita monetize hanya dengan google adsense saya rasa penghasilan tidak akan besar dan banyak yang beranggapan bahwa dengan pagerank tinggi akan dapat banyak uang dari google adsense padahal hal ini salah. Beda halnya jika blog dengan pagerank tinggi dan alexa kecil digunakan untuk paid review atau jualan link mungkin penghasilan bisa besar tergantung dari kemampuan review kita, bagus tidaknya blog dimata clien dan tema blog.

Lalu hal lain yang saya ingin bahas sedikit adalah traffic, dengan traffic yang melimpah menurut saya lebih mudah mendapatkan uang. Dengan traffic yang melimpah dan blog kita di pasang google adsense maka jumlah orang yang klik iklan akan lebih banyak dan penghasilan akan meningkat.selain google adsense blog dengan traffic melimpah bisa di monetize dengan infolinks, program eCPM dan lain-lain namun blog dengan traffic tinggi tidak serta merta mempunyai pagerank tinggi dan alexa rank kecil. salah satu contoh adalah blog bahasa inggris saya dengan 3000 pengunjung perhari hanya mempunyai PR 0 dan alexa rank diatas 2 juta dan tentu hal seperti ini tidak akan terlalu laku jika untuk paid review dan jualan link.

Nah jadi pagerank,alexa dan traffic merupakan elemen penting yang mempunyai keuntungan masing-masing dan akan maksimal jika kita tahu potensi dan masing-masingnya. Jadi sejak awal anda harus tetapkan dahulu bisnis internet apa yang hendak anda geluti, jika anda ingin mengais uang dari paid review anda harus mengejar pagerank dan alexa namun jika anda ingin menjadi publiser anda harus bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog atau website anda.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 9 comments… read them below or add one }

owi May 15, 2010 at 5:19 pm

bagus mas awang, bermanfaat sekali, terimakasih banget.

Reply

rip_rop May 15, 2010 at 10:00 pm

siipp dach… 😀

mau tanya… gimana caranya agar blog kita bisa kedatangan pengunjung sampe 3000 per hari boz…???
link blog bahasa inggrisnya mana boz… pengen lihat… 😀

Reply

dNoxs May 16, 2010 at 8:55 pm

betul… klo cari uang di internet saya g mikir pr ama alexa.. tapi traffik visitor

apalagi kalau mainnya di versi mobile, alexa ama pr g dipake 😀

Reply

jivi May 17, 2010 at 5:35 am

@dNoxs, yups.. bener banget..

Reply

na_raka May 21, 2010 at 2:00 pm

Huhhhh q ngejalanin blog cuma hobi oq, so nggak ngejurus banget ama uang…… Blogging itu indah klow dijalanin enjoy. lagian blog.q aja yg kuurus dari SMP ampe krng clas 1 SMA masih tetep aja PR 0, pengunjung ga lebih dari 2 dan blablabla…. so jalanin ja santai klow dah rejeki mo kemana sih…. hehehehe

Reply

andry June 3, 2010 at 4:01 pm

blog ini banya coment ga dijawab ya??? contohnya mas ripsrop. dia tanya tentang cara datengin traffic 3000/hari tapi ga dijawab. knapa mas???

Reply

jivi June 3, 2010 at 6:13 pm

@andry, suka gak sempet bales mas, lagi jarang OL juga,hehe,, ada 600 pending comment yang belum di bales

Reply

kang ian dot com April 12, 2011 at 8:19 pm

sipp bener banget mas saya setuju sekali saya hanya fokus google adsense sekarang

Reply

jivi April 17, 2011 at 7:14 pm

@kang ian dot com, selamat berjuang kang.hehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: