Mudahnya Membuat NPWP

by jivi on January 28, 2010 · 7 comments

Membuat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ternyata bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, mebuat NPWP menurut saya relatif mudah jika dibandingkan membuat paspor. Ini berdasarkan pengalaman saya, saya kemarin mebuat NPWP dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit jadi. NPWP ini kelak akan saya gunakan untuk memenuhi target saya yang ke 2 di tahun 2010 ini yaitu mennton international airshow di Singapura dengan biaya sendiri. Jadi Dengan NPWP ini saya nanti akan bebas membayar fiskal saat hendak ke singapura, lumayanlah berhemat. Nah sebenarnya jika orang tua kita mempunyai NPWP kita tidak harus membuat NPWP karena dengan mebawa NPWP orang tua dan kartu keluarga anda juga sudah bisa bebas fiskal. Tapi orang tua saya adalah wiraswasta dan tidak mempunyai NPWP maka saya sendiri yang membuat NPWP walaupun saya masih kuliah dan berumur dibawah 21 tahun.

Saya membuat NPWP secara gratis karena hanya untuk keperluan bebas fiskal saja. Nah proses singkat pembuatan NPWP adalah sebagai berikut:

1. Saya datang kekantor pajak dengan membawah foto kopi KTP dan materai 6000.

2 Kemudian sampai di kanto pajak saya disuruh mengisi formulir, karena saya bukanlah pegawai dan masih mahasiswa maka yang diisi hanya identitas pribadi saja.

3. Kemudian saya membuat pernyataan bahwa saya membuat NPWP hanya untuk keperluan fiskal dengan tanda tangan diatas materai 6000.

4. Setelah itu saya serahkan ke petugas dan kurang dari 10 menit NPWP saya suda jadi.

Nah seharusnya birokrasi di Indonesia semuanya seperti ini, tidak di buat ribet. Jika semua berjalan lancar dan tidak dipersulit seperti ini saya rasa negara ini akan menjadi lebih maju lagi. Nah sekarang ini saya akan libur dulu beberapa hari blogging di awangjivi.com karena mau liburan ke jogyakarta dahulu bersama teman-teman SMA saya. Tunggu postingan-postingan saya selanjutnya setelah saya pulang dari jogya dan sebelum pergi ke Singapura.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 7 comments… read them below or add one }

seo January 29, 2010 at 12:56 pm

yup setuju sob, sekarang udah bagus layanan pengurusan npwp

Reply

dNoxs January 29, 2010 at 3:50 pm

kenapa harus pkai materai 6000 kok gak 3000 ajah

Reply

Seputar-Internet January 30, 2010 at 5:26 am

kalau bayar pajak lebih mudah, negara ini pasti akan maju… selamat berlibur Mas… saya tunggu postingan barunya…

Reply

jivi February 12, 2010 at 2:49 pm

@Seputar-Internet, yups mas, dan ternyata NPWPnya tidak digunakan,haha

Reply

Fajar January 30, 2010 at 2:47 pm

Mas awang saya minta alamat blog yg bhas tntang hacker!
=>prom0: fajar-shine.blogspot.com

Reply

riddux February 1, 2010 at 3:32 am

gmn caranya mas buat iklan pop up blogspot atau website yang muncul pas buka website mas ini

Reply

jivi February 19, 2010 at 10:59 pm

@riddux, kalau blogspot saya kurang tau, tapi kalau wordpress kaya blog ini ya pake plug in

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: