Mempercepat Loading Blog Dengan Mudah

by jivi on July 3, 2011 · 6 comments

Loading blog yang cepat bukan hanya idaman pemilik blog namun juga idaman pengunjung, sebab loading blog yang cepat akan menghemat waktu. Selain itu blog yang memiliki kecepatan cukup baik akan memiliki nilai lebih dimata search engine terutama google, konon katanya kecepatan blog/website cukup berpengaruh terhadap posisi di search engine. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kecepatan blog yaitu theme yang digunakan, banyaknya widget, ukuran gambar yang digunakan serta plug in yang aktif maupun tidak aktif. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dilakukan untuk mempercepat kecepatan blog anda:

1. Cek kecepatan blog anda di Gtmetrix.com

tes kecepatan blog

kecepatan blog sebelum dioptimasi

sebelum melakukan hal-hal untuk memperbaiki blog, pertama-tama cobalah untuk tes seberapa besar kecepatan loading blog, page speed grade dan Yslow grade anda di Gtmetrix.com , disini saya ambil contoh kasus blog awang jivi yang saya tes kecepatannya sebelum  blog awang jivi ganti theme:

Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa blog saya ini sangat berat sekali dengan page load time 20 detik dan besarnya ukuran file diatas 400kb, Ini sangat berpengaruh sekali terhadap performa blog.

2. Hilangkan Widget yang tidak perlu

Sebelum tampilan yang sekarang ini, blog awang jivi penuh dengan widget yang berisikan link ke directory dan hal tidak penting lainnya. Setelah dihilangkan widgetnya,loading blog menjadi hanya 6 detik saja.sangat jauh sekali, setelah di tes ternyata directory yang paling menyedot kecepatan adalah topofblogs.com. Jadi bagi anda yang memasang button dari directory ini lebih baik dilepas saja.

3. Ganti Themes

Jika anda masih belum puas dengan performa blog anda coba ganti themes anda, kemarin saya mengganti theme dari lifestyle ke thesis 1.8 dan hasilnya seperti gambar di bawah ini:

performa blog

kecepatan blog setelah di optimasi

performa blog meningkat pesat dengan waktu loading dibawah 2 detik dan page speed grade dan yslow meningkat.

4. Gunakan plug in pendukung

Ada beberapa plug in yang dapat membantu meningkatkan kecepatan blog,informasi ini saya peroleh dari blog ogameslucky.com. 3 plug in tersebut adalah:

  1. Plugin WP Minify
    Plug in ini berfungsi untuk kompress dan minimalisasi CSS anda namun sebelum gunakan theme ini lebih baik back up theme terutama CSSnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Gunakan plugin W3 Total Cache
    Plug ini berfungsi membuat data-data blog tersimpan dalam cache browser anda sehingga loading lebih cepat dan mengurangi beban server. Namun pengaturan plug in ini cukup ribet dan harus bolak-balik masuk hosting. karena sudah memakai plug in WP Minify lebih baik fitur Minify di theme ini dimatikan.
  3. Gunakan plugin WP Smush.it
    Plugin ini berfungsi untuk mengoptimalkan gambar dengan melakukan kompres, bisa juga dengan menggunakan plugin jQuery lazy load. berdasarkan saran dari blog ogameslucky saya gunakan keduanya.

Setelah menggunakan plug in diatas (kecuali W3 Total Cache karena masih mempelajarinya) kecepatan blog saya menjadi seperti dibawah ini:

kecepatan blog setelah dioptimasi dengan plug in

Namun karena saat memakai WP Minify, Pop Up di blog ini tidak keluar maka saya non aktifkan lagi. Blog saya yang lain dengan menggunakan pengaturan penuh page speed dan yslownya 94% dan kecepatan loading 1-2 detik. Memang plug in diatas sangat manjur sekali.

Tips : hapus plug in yang tidak terpakai, hal tersebut akan mempercepat blog anda dan mengurangi beban server.

Selamat mencoba, dan semoga kecepatan blog anda meningkat pesat dan menguasai search engine.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 6 comments… read them below or add one }

ACerNoval July 3, 2011 at 11:15 pm

thanks banget 😀

Reply

ide bisnis July 4, 2011 at 7:48 am

tapi web Gtmatrix.com udah ga aktif lagi gan, kira-2 web seperti itu ada lagi yang lain ga?!..

Reply

masyhury July 4, 2011 at 8:38 am

Wew.. blog saya malah lebih ringan dari ini. dan nilai nya AA 😀

Reply

Belajar Bloggingb July 4, 2011 at 8:35 pm

Kalau ane sih pake db cache reloaded fix and wp optimized.
Lumayan kenceng gan

Reply

nova13.com July 9, 2011 at 10:05 am

lapor, itu url nya salah 😛 yang bener GTmetrix.com, bukannya GTmatrix.com 😛

Reply

jivi July 9, 2011 at 12:42 pm

@nova13.com yoi,, makasih banyak atas koreksinya,hehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: