Joki SNMPTN 2009 tertangkap

by jivi on July 3, 2009 · 0 comments

Ujian SNMPTN 2009 kali ini kembali memunculkan praktek kecurangan yaitu dengan adanya joki atau orang yang membantu mengisi lembar jawaban para peserta SNMPTN baik melalui media komunikasi atau handphone juga joki itu sendiri yang menggantikan calon mahasiswa saat ujian SNMPTN berlangsung. Hingga saat ini saya baru mengetahui 2 tempat yang berhasil membongkar kecurangan ini yaitu di bandung dan di makassar. Modus yang di gunakan oleh kedua kota ini berbeda, jika di makassar joki snmptn 2009 ini berada dalam 1 ruangan dan memberi tahu jawaban kepada calon mahasiswa yang katanya hendak masuk kedokteran UNHAS. Nah sedangkan di bandung para siswa menggunakan head set yang warnanya mirip warna kulit yang di gunakan untuk mendapatkan jawaban dari seseorang.

Nah praktek ini dari tahun ke tahun saya yakin selalu ada, bagaimanapun juga ini seperti sudah menjadi tradisi dai tahun ke tahun. Jadi saya rasa ini sudah tidak aneh lagi. Yang membuat saya tercengang adalahk yang di makassar sebab dari 12 joki di sana, 10 orang diantaranya adalah mahasiswa ITB (institut teknologi bandung). Berarti ini merupakan sindikat yang besar sehingga dari bandung terbang ke makasar untuk menjadi joki. Menurut beberapa sumber bahwa uang yang di dapat oleh para joki berkisar antara 35-120 juta rupiah, tentudengan uang sebesar itu akan membuat para mahasiswa tergiur untuk menjadi joki snmptn 2009.

Semoga ke depannya negeri ini menjadi lebih baik lagi

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: