Indahnya Sunset di Pantai Parangtritis

by jivi on May 7, 2012 · 0 comments

Selain terkenal dengan budayanya,Yogyakarta adalah kota yang mempunyai sejuta pesona keindahan alam. Dan kesemuanya itu hampir sebagian besar merupakan obyek wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Salah satu pesona alamnya yang paling bany

ak diminati para turis adalah kawasan wisata pantai laut selatan.

Propinsi Yogyakarta memiliki banyak kawasan pantai yang sangat menawan, seperti Pantai Sepanjang, Pantai Sadeng, dan Pantai Siung yang berada di wilayah Gunung Kidul. Juga ada satu pantai di pesisir sebelah selatan kota Yogya yang sangat dikenal dan merupakan ikon obyek wisata kota Yogya, itulah Pantai Parangtritis.

sunset di pantai parangtritis

Di Obyek wisata Pantai Parangtritis ini kita bisa menikmati hamparan pasir yang lembut dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan ATV (All-Terrain Vehicle) sambil melihat deburan ombak laut selatan. Ketika sore hari tiba, indahnya matahari yang akan tenggelam di ufuk barat (sunset) menjadi momen yang sangat dinantikan para wisatawan. Ada satu keunikan lain yang dapat kita coba di Pantai Parangtritis, yaitu menyusuri bibir pantai dengan menaiki bendi (kereta kuda).

Pantai Parangtritis berjarak 27 km dari kota Yogya dan dapat ditempuh selama sekitar 45 menit berkendara. Jika ingin lebih sempurna menikmati keindahan sekeliling area pantai laut selatan, kita bisa menaiki tebing pada bagian belakang Pantai Parangtritis yang biasa di sebut Gembirawati. Pemandangan laut selatan dari atas tebing sungguh luar biasa.

Pada bagian timur bibir Pantai Parangtritis, terdapat reruntuhan dari bangunan candi Gembirawati, dan dapat dicapai dengan menaiki jalan setapak yang berdekatan dengan “ Hotel Queen Of the South” . Kurang lebih 100 meter dari Hotel ini kita sudah dapat menikmati suasana sekeliling pantai laut selatan, yang menurut kepercayaan masyarakat sekitar merupakan kerajaan Nyi Ratu Roro kidul.

Di Pantai Parangtritis ini kita juga bisa dengan mudah mendapatkan berbagai keperluan berlibur, mulai dari warung makan, restoran, pasar souvenir, tempat ibadah serta penginapan untuk bermalam.

Semua sarana dan fasilitas yang ada di Pantai Parangtritis semakin membuat para pengunjung merasa betah berlama-lama menikmati saat- saat liburnya disini.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: