Hati-hati Dengan Makanan Pedas

by jivi on May 8, 2012 · 0 comments

Makanan pedas disukai oleh sebagian besar orang, terutama para wanita. Tetapi berhati-hatilah mengkonsumsi makanan pedas, karena ternyata hal ini dapat menyebabkan penyakit yang akan menyerang pada bagian perut. Apabila sudah pada tingkat kronis sangat membahayakan bagi penderitanya. Berikut ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai apabila anda berlebihan dalam konsumsi makanan pedas :

1.Refluks Asam

Makanan dengan rasa pedas dihasilkan dari kombinasi asam, ketika kita mengkonsumsinya kemungkinan besar akan berpengaruh pada dinding lambung, seperti terjadinya peradangan pada lambung dan pada tenggorokan. Maka sangat wajar sehabis kita makan sambal, perut terasa nyeri dan tenggorokan terasa panas akibat isi lambung mengalir kembali ke kerongkongan, Inilah yang disebut dengan Refluks asam.

2. Gastritis (Maag) Akut

Sering kita merasakan nyeri pada lambung yang datangnya sesekali,ini disebut dengan Gastritis.  Penyakit ini  terjadi akibat peradangan pada membrane yang melapisi perut (Mukosa lambung). Gejalanya ditandai dengan mual, sakit kepala, muntah, diare dan demam.

3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)

Sifat lapisan mukosa (membrane lapisan perut ) yang sensitive dapat menyebabkannya mudah luka jika terkena makanan pedas. Luka juga dapat terjadi pada usus kecil – Ulkus duo denum  atau  terjadi pada tenggororkan – Esofagus dan dapat terjadi pula pada lambung –  biasanya disebut Ulkus Gaster atau lebih dikenal dengan tukak lambung. Gejala yang terjadi akibat tukak lambung ini adalah rasa panas pada perut, mual, muntah dan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan turunnya berat badan.

4. Insomnia

Hindari makan pedas saat makan malam, karena akan meningkatkan panas tubuh kita yang akan membuat Insomnia – sulit untuk tidur.

5. Kehilangan Nafsu Makan

Mengkonsumsi makanan pedas dalam batas wajar akan membuat kita terhindar dari resiko gangguan penyakit pada system pencernaan. Selain itu bagi yang menyukai makanan pedas ada beberapa hal lain yang mungkin bisa di hindari :

  • Tidak menjadikan makanan pedas sebagai cemilan.
  • Hindari mengkonsumsi makanan berminyak dan pedas bersamaan, karena dapat mengakibatkan produksi asam lambung meningkat.
  • Tidak mengkonsumsi makan pedas pada saat makan malam.
  • Sehabis mengkonsumsi makanan pedas minumlah susu, karena akan menetralkan produksi asam.
  • Jika terjadi sakit pada bagian perut akibat mengkonsumsi makanan pedas, minumlah obat antasida.
  • Makanan pedas sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk makanan utama, bukan cemilan
Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: