Blog perlu waktu untuk banyak pengunjung

by jivi on November 1, 2009 · 27 comments

Sudah lama ingin membuat artikel tentang blog lagi, dan akhirnya sekarang ini kesampaian juga. Mungkin artikel ini agak panjang karena isinya  pengalaman saya jadi ya agak panjang.:-) nah langsung saja saya mulai. Bagi anda yang baru awal awal masuk ke dunia maya dan mulai membuat blog tentu punya angan angan untuk mendapatkan banyak pengunjung blog dengan mudah, kemudian setelah banyak pengunjung maka blog anda akan di pasangi banyak iklan, setelah itu pundi pundi uang akan segera mengalir ke kantong anda. Memang bagus angan angan seperti itu, tapi untuk membuat blog di kunjungi oleh banyak orang tidaklah mudah terlebih lagi untuk yang baru memulai blogging. Saya pernah mengalami sendiri hal tersebut dan kemudian akan terbesit dua pilihan yaitu terus atau berhenti. Nah saya ingin sedikit cerita tentang kisah blog ini dari saat awal awal pembuatannya.

Blog awangjivi ini saya beli domainnya pertengahan november 2008, saat itu saya sama sekali belum punya pengalaman blogging karena sebelumnya berkutat di dunia forex internet. Nah kemudian melihat teman saya punya blog dengan akhiran .com sayapun jadi iri dan gak mau kalah, akhirnya saya tanya dia dan selanjutnya saya membeli domain dan hosting dengan uang mepet yang saya punyai (maklum saat itu masih mahasiswa tingkat 2 yang masih minta orang tua). Nah kemudian belajar install wordpress dengan fantastico, dan blog ini mulai saya isi posting sekitar 4 hari kemudian karena pusing mau di isi apa. Nah setelah di isi sayapun punya optimisme tinggi bakal banyak pengunjung dalam 1-2 minggu setelah blog di buat. Mulai belajar tips dan trik mendatangkan banyak pengunjung dan setelah 2 minggu berlalu ternyata pengunjung blog saya masih segitu segitu saja, masih 10-20 orang perhari itupun dari saya sendiri dan teman yang saya suruh liat blog saya.  Jadi selama bulan november 2008 pengunjung terbanyak dalam 1 hari adalah sebesar 15 saja.

Kemudian bulan selanjutnya yaitu desember padahal banyak artikel yang saya buat tapi tetap saja masih belum banyak pengunjung, bahkan rentan waktu 9-16 desember 2008 jumlah pengunjung blog saya adalah o alias gak ada yang liat. Nah disana juga belajar SEO dan memanfaatkan lintas berita dan infogue buat tambah pengunjung. Kemudian sekitar bulan januari pertengahan untuk pertama kalinya blog saya di kunjungi sekitar 100 orang dalam 1 hari, cuma 1 hari sih.:-) tapi itu udah buat saya sangat senang, kemudian di bulan selanjutnya saya terus belajar SEO, update artikel seupdate mungkin dan menulis artikel yang lagi hot. Saat bulan februari saya menulis artikel tentang meninggalnya mahasiswa itb akibat Ospek dan saya masukkan ke lintas berita dan 600 pengunjung masuk ke blog saya baik melalui lintas berita maupun google.

Bulan terus berlalu blog ini terus berjalan dan pengunjung terus meningkat hingga pada bulan maret 2009 untuk pertama kalinya pengunjung melebihi 1000 orang. Dan sekarang pengunjungnya bisa anda lihat sendiri di extreme trecker yang terpasang di sidebar kanan di bawah tulisan directory. Jadi jika kita membuat blog trus belum ada pengunjung dalam 1,2 atau 3 bulan pertama, tenang saja karena blog juga memerlukan sedikit waktu untuk biar banyak pengunjung. Bisa di ibaratkan blog baru kita adalah seorang bayi yang baru lahir.

Saat bayi belum lahir belum banyak orang yang kenal dia paling juga orang tua atau kerabat dekat, sama seperti blog saat baru dibuat paling ya kita dan orang orang yang kita beri tahu. Kemudian bayi tersbut di buatkan akte kelahiran, sama saja kita mendaftarkan blog kita ke search engine biar di ketahui blog kita oleh khalayak luas. Nah kemudian bayi di beri airsusu ibu dan jika sudah besar juga di kasih makan, kalau di blog tuh sama sepert memberi artikel baru dan berbobot. Jika makanan bergizi akan membuat bayi sehat, maka artikel dan content yang berkualitas akan membuat blog anda sehat dan bagus pertumbuhan ke depannya. Kemudian bayi makin besar dan mulai bisa berinteraksi dengan orang sekitar sehingga banyak yang kenal dengan anak tersebut. Blogpun sama, makin lama akan makin banyak yang mengunjungi karena sudah banyak yang tahu keberadaan blog anda. Nah sampai akhirnya akan banyak pengunjung ke blog kita jika kita bisa memelihara blog kita dengan baik seiring dengan berjalannya waktu dan tidak pernah letih.

semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda yang mulai berfikir untuk meninggalkan dunia blog karena pengunjung ke blog anda tidak kunjung banyak, santai bung, semua butuh waktu dan proses. bersabarlah

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 27 comments… read them below or add one }

IHSAN November 1, 2009 at 2:24 pm

Bagi saya berkomunikasi dengan pengunjung juga sangat perlu

selain menambah kenalan juga menambah pengetahuan dengan banyak blogwalking juga adanya kotak komentar yang dibuka untuk dikomentari menunjukkan bahwa kita sebagai admin terbuka dan siap menerima masukan maupun kritik dari pengunjung, juga sebagai media penghubung komunikasi antara admin dengan pengunjung tersebut.

thanks

Reply

Panduan Sukses ngeBlog November 1, 2009 at 3:17 pm

Siip bos. Semua memang perlu proses dan ga ada yang instant. Kalaupun ada, biasanya yang instant itu ga berumur panjang.

Reply

jivi November 1, 2009 at 8:53 pm

@Panduan Sukses ngeBlog, yups bener sekali bos,ehehee

Reply

fahmi November 1, 2009 at 5:08 pm

hixs, q0 cerita mas awangjivi bulan pertama mirip saya sekarang inie? TT, m0 nanya, kl0 bl0g gratisan dari blogspot ntu bisa berpeluang dapat pengunjung bnyk gk yah? c0y msh ragu.. thx…

Reply

jivi November 2, 2009 at 6:20 am

@fahmi, ya memang rata2 awalnya seperti itu mas kalo buat blog,hehe,, peluangnya besar kok, sama aja kalo menurut saya, tergantung kitanya juga.hehe

Reply

iaNto November 1, 2009 at 9:38 pm

hehehe tips ini sudah tak praktekkan bro. hanya di LB doank. efeknya blog saya bandwith traffic limit, beberapa hari ga bisa dibuka. tgl 1 ini br bisa dibuka.

Reply

fahmi November 2, 2009 at 2:04 pm

wew, bener mas’ank jivi… arus sabaaar dan rajin posting, tapi aq bingunk harus postink pa lagy ea ~~- munkin ni hambatan karna q masih smp.. TT

Reply

jivi November 2, 2009 at 4:00 pm

@fahmi, wah?? masih smp keren,,, jangan pernah menyerah ya dek,hehe

Reply

mascipul November 2, 2009 at 7:42 pm

mantappp…. setuju,,,,
saya masih berjuang niy, mati2an untuk mendapatkan pengunjung…
susah banget… sering putus asa malah….
apalagi saya kurang paham SEO, akte kelahiran jd gak jelas…
hehehehe

Reply

jivi November 3, 2009 at 3:18 pm

@mascipul, jangan pernah putus asa,semangat mas,!!

Reply

RIZKI YUDHISTIRA November 3, 2009 at 2:15 pm

bener banget sob…
blog perlu waktu untuk berkenalan dengan dunia..
tak ada yang mudah seperti membalikkan telapak tangan..
begitu juga dengan blog..
salam kenal ya sob..
:)

Reply

jivi November 3, 2009 at 3:15 pm

@RIZKI YUDHISTIRA, bayi mas yang perlu berkenalan dngan dunia,hehee,, salam kenal juga mas,,

Reply

mascipul November 3, 2009 at 4:05 pm

semangat sih g pernah putus, cuman moody aja…
hehehe…

yuuk maen2 ke blogku…

saling silaturrahim…
:-)

Reply

jivi November 3, 2009 at 4:12 pm

@mascipul, haha,, jaga moodnya biar bagus terus,eh,..

okeh,, saya kunjungi blog mas,hehe

Reply

mascipul November 4, 2009 at 11:49 am

trims uda kunjungi blog saya mas.. oya, bener gag siy blog saya naik PR nya jd 1???

Reply

jivi November 4, 2009 at 12:11 pm

@mascipul, bener mas, blog anda dapat PR 1

Reply

pdc_romeo November 11, 2009 at 12:17 am

Mas… terima kasih supportnya.. saya sudah buat beberapa blog salah satunya http://av4free.blogspot.com mohon berkunjung karena masih sangat baru… (buatnya hehehehe) kalau mo tukeran link gimana ya mas… soalnya blog saya pake bahasa Inggris atau saya buat aja review tapi dengan keterangan for Indonesian User (mungkin ya…) mohon sarannya mas…

Reply

jivi November 11, 2009 at 11:43 pm

@pdc_romeo, situs tentang software ya? gimana kalo tukeran link sama web saya yang bahasa inggris tentang software juga? tapi ada syaratnya, minimal post 100, buat buktikan komitmen anda terhadap blog anda tersebut,hehe

Reply

pdc_romeo November 12, 2009 at 6:27 am

Tentang antivirus gratis mas… maksudnya 100 post apa ya mas… (100 content di situs saya atau 100 post di sini…) soalnya masih baru nih (baru belajar 1 bulan untuk buat blog)
Oh iya situsnya yang bahasa Inggris apa mas…
Sekalian mo nanya kalo mo buat kolom replay kayak gini di blogspot gimana ya soalnya kalo di blogspot reply-nya pake syarat… (maksudnya google account lah atau openID lah bingung jadinya…)

Reply

jivi November 12, 2009 at 1:43 pm

@pdc_romeo, 100 content di situs anda,hehe,, heu,, saya gak pake blogspot soalnya,hehe

Reply

pdc_romeo November 12, 2009 at 3:30 pm

Hiks2…. ok deh yang penting semangat supaya bisa post terus… thanks ya mas…
Mohon dukungannya…
(oh iya situs Inggrisnya mana ya… mau lihat… hehhehehehe)

Reply

jivi November 12, 2009 at 11:59 pm

@pdc_romeo, rahasia mas, nanti saya kasih tau,hehe

Reply

sudiono January 15, 2010 at 10:28 am

Ingin donk blognya jadi banyak pengunjung ….. come to my blog donk heheheeh

Reply

jivi January 15, 2010 at 9:45 pm

@sudiono, sip mas

Reply

green December 28, 2010 at 5:50 pm

baru mau mulai belajar blog….tapi banyak banget kendalanya…..mohon bantuan dan bimbingannya

Reply

harly June 16, 2011 at 3:09 pm

asiknya kalo memiliki blog dengan banyak pengunjung,,

Reply

jivi June 26, 2011 at 11:50 am

@harly, banyak pengunjung = nambah biaya server.hehe

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: