Blog dengan Niche Lebih Bagus Dari Pada Blog Campuran

by jivi on November 29, 2009 · 21 comments

Sejak tahun lalu saya membuat blog awangjivi.com, saya ketagihan untuk membuat blog-blog lain. Awalnya saya pikir dengan membuat blog dengan tema yang general akan membuat blog saya menjadi banyak pengunjung karena jika banyak artikel maka akan banyak yang terindex google dan pasti akan sangat mudah dan tidak bingung ide jika akan membuat blog dengan tema general tersebut. Maksudnya general adalah blog dengan tema yang campur-campur seperti tema olahraga, teknologi, finance, entertainment, cerita, kesehatan, dan lain lain. saya pikir blog tersebut nantinya akan menjadi seperti situs berita seperti detik.com atau okezone.com. Sayapun membuat satu blog dengan tema campuran tersebut dan memang untuk 1 minggu pertama saya semangat blogging, kemudian saya capek karena banyak banget yang harus di posting di masing masing category. Saking banyaknya yang mau di posting sayapun jadi bingung mau posting apa.

hasil di google sendiri kurang memuaskan, setelah 2 bulan blog tesebut berjalan ternyata tidak banyak pengunjung dari google. padahal jumlah post di blog tesebut sudah mencapai 300an buah, Tapi tetap saja masih kurang banyak yang datang dari google. Bahkan sampai sekarang blog tersebut cuma stagnan di kisaran 100-200 pengunjung perhari saja, sayapun malas update lagi. Tapi ini blog yang berbahasa inggris lho, bukan yang berbahasa indonesia. Saya pernah membuat blog bahasa indonesia dengan tema campuran + copy paste hasilnya memuaskan kok, dalam 2 bulan sudah diatas 400 UV perhari tapi gara gara kena malware blog tersebut tidak saya urus lagi.

Nah kemudian setelah gagal membuat blog dengan tema yang campuran sayapun mencoba dengan membuat blog dengan tema tertentu atau yang lebih spesifik lagi. Saya lakukan hal seperti yang saya lakukan dalam pertama kali membuat  blog dan ternyata hasilnya membuat saya terkejut,karena makin hari makin banyak pengunjung yang datang, dan earning di adsense sayapun menjadi meningkat. :-) jadi saya pikir jika kita membuat blog dengan tema tertentu/lebih spesifik akan lebih bagus karena di samping pengunjung yang datang tahu tema kita jadi dia kemudian bisa datang di lain hari. Kemudian sepertinya google lebih menyukai blog dengan niche tertentu.

Hal diatas berdasarkan pengalaman saya, mungkin dari saudara-saudara yang lain mempunyai pengalaman berbeda dengan saya, yang diatas tidak mutlak benar tapi sepertinya ada benarnya juga. Coba lihat blog-blog luar negeri yang banyak pengunjung, rata-rata mereka cuma memiliki tema tertentu saja. semoga ini bisa jadi pelajaran untuk kita semua

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 20 comments… read them below or add one }

kakve-santi November 29, 2009 at 12:32 pm

nichie itu apa..?

Reply

jivi November 29, 2009 at 12:35 pm

@kakve-santi, niche tuh tema

Reply

Qori November 29, 2009 at 7:11 pm

beanr-benar perjuangan yang hebat…..

hasilnya bisa makanin yang punya blog, salut.

Reply

jivi December 1, 2009 at 1:01 am

@Qori, iya mas, bisa buat jajan sehari-hari,hehe

Reply

Nugraha November 30, 2009 at 12:12 am

Saya punya beberapa blog, 3 diantaranya B. Inggris. Tapi GA nya lambat banget, pdhl selain memposting tulisan sendiri, ada juga yg dari free article, tp susah mau mendongkrak penghasilan di Google Adsense. Mungkin mas Awang punya saran ? Btw, blog saya 2 niche, 1 gado2.

Reply

jivi December 1, 2009 at 1:02 am

@Nugraha, nichenya tentang apa mas yang bahasa inggris??

Reply

Nugraha December 1, 2009 at 8:16 am

@jivi, B. Inggris tentang IT (Teknologi), satu lagi insurance

jurug December 2, 2009 at 11:37 am

saya juga menerapakn metodenya pakdhe sumintar.. walaupun blog saya general tapi tema ttp dalam satu minggu

Reply

jivi December 2, 2009 at 7:40 pm

@jurug, berhasil gak mas tips ini?

Reply

jurug December 5, 2009 at 9:50 am

@jivi, terbukti berhasil… blog saya masih baru artikel nya aja blm nyampe 100 tapi pengunjungnya lewat search engine udah 400an :mrgreen:

Panduan Sukses ngeBlog December 2, 2009 at 4:07 pm

Setuju banget. Ane juga lagi merintis 1 blog lagi tuh yang spesifik. Siip.

Reply

jivi December 2, 2009 at 7:43 pm

@Panduan Sukses ngeBlog, blog tentang apa bos??

Reply

christmas theme for Windows 7 December 3, 2009 at 12:04 am

sy setuju sama tulisan mas, kita lebih baik konsen ke niche yg spesifik. namun terkadang susah, karena niche spesifik kebanyakan butuh expertise di bidang itu, jadi itu kita perlu belajar lebih dalam ttg niche itu. Ada juga yg gampang mas, misalny bikin blog wallpaper

sebenernya kuncinya adl mencari niche & keyword2 yang byk dicari orang namun sedikit saingannya. biasanya sy pake keyword tool external, diexport ke excel & dianalisis (jml & rata2), mana niche & keyword yg menguntungkan (yg ga byk saingan + byk dicari org)
coba lihat ini mas
http://www.warriorforum.com/adsense-ppc-seo-discussion-forum/95891-6-months-later-300-daily-w-adsense-lessons-learned.html

Satu lagi, sekarang ini content original & kerapihan sangat penting di mata search engine google.

Reply

jivi December 3, 2009 at 11:35 pm

@christmas theme for Windows 7, wah,,, iya,, tips dan masukan yang bagus, wallpaper memeng keren mas,, gampang banget,, menuju tkp bos,hehe

Reply

Zhay December 12, 2009 at 7:48 pm

Betul sekali bang jivi, saya juga sekarang masih menerapkan general blog untuk blog pertama saya…tapi ya gitu deh hasilnya masih jarang yg berkunjung, jadi sekarang saya baru mau mulai bikin blog dengan niche yg spesifik..mudah2an byk pengunjungnya..

NB: Bang jivi orang Kutai ya?klo dilihat dari nama awang sih kyk kturunan Kutai gitu…he3x cuma nebak aja sapa tau berhadiah….

Reply

jivi December 12, 2009 at 9:40 pm

@Zhay, semangat bang.. saya bukan orang kutai, tapi orang jawa bos,hehe,,

Reply

free download terbaru January 5, 2011 at 5:51 pm

postigannya inspiratif nih. btw, kalau boleh tahu temanya tentang apa mas….. ya secara general aja… biar saya punya gambaran aja mau terjun kemana…. 😀

Reply

jivi January 9, 2011 at 12:52 am

@free download terbaru, tentang movie ama mobil.hehe..

Reply

jivi December 1, 2009 at 9:24 pm

@Nugraha, yang IT sebenarnya banyak saingan, kalo yang insurance juga banyak saingan, jadi ya agak susah mas,hehe,, coba out of the box dengan mencari hal2 baru yang akan ramai di masa mendatang

Reply

jivi December 6, 2009 at 1:52 am

@jurug, temaya tentang apa aja mas?? ada referensi atau panduannya??

Reply

Leave a Comment

{ 1 trackback }

Previous post:

Next post: