AMPATI Kecam Juri Indonesian Idol

by jivi on May 10, 2012 · 2 comments

Ajang Indonesian Idol kali ini mendapat kecaman. Acara yang mengambil konsep “AMERICAN IDOL” dari Amerika ini menampilkan para kontestan berbakat khususnya di bidang tarik suara.

Kecaman tersebut datang dari Aliansi Masyarakat Ped

uli Acara Televisi Indonesia (AMPATI). Bentuk kecaman ini disampaikan dengan membuat laporan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada bulan April lalu. Gerakan AMPATI yang melaporkan juri ke KPI, mendapat dukungan dari aktivis perempuan dan  para tokohnya seperti Helga Worotijan,  Musdah Mulia dan Baby Jim Aditya.

Yang menjadi keberatan dan inti kecamannya adalah dalam acara tersebut Ahmad Dhani dan Anang selaku juri dianggap telah memberikan komentar yang bernada melecehkan terhadap beberapa kontestan pria yang berpenampilan seperti wanita (feminin).

juri indonesian idol dikecam

Hal ini ditanggapi oleh pembawa acara (host) Daniel Mananta, dengan kembali mempertanyakan fungsi KPI selama ini yang dianggap terlalu memberi kebebasan untuk penampilan seperti itu. Mantan VJ di salah satu stasiun TV ini mengatakan bahwa KPI selaku badan yang mengawasi setiap acara televisi di Indonesia seharusnya membatasi penampilan artis pria yang menyerupai wanita atau feminin , alias bencong. “ Menurut gue KPI itu seharusnya membatasi dan menurunkan penampilan ( rate ) para laki-laki yang  berperilaku feminin dalam setiap acara televisi, betul nggak ? kalo gue salah tolong betulin “ katanya. Saat ini memang banyak ditemukan acara-acara televisi yang mengumbar gaya feminin yang diperagakan laki-laki.

Lebih lanjut lagi, Daniel mengatakan bahwa menurutnya, komentar juri seperti itu seharusnya tidak perlu dipermasalahkan. Wajar, begitulah iklim dunia pertunjukan. Apalagi di Amerika sana, acara seperti ini komentarnya pedas-pedas. Kita pun disini punya kebebasan dalam berkomentar. Lalu tidak salah jika kita mengeluarkan sesuatu yang ada dalam fikiran.

Jika anda menyukai artikel dari blog ini, anda bisa meninggalkan komentar atau Berlanggganan RSS feed dan artikel akan langsung terkirim ke email atau RSS reader anda.

{ 2 comments… read them below or add one }

yusuf May 11, 2012 at 9:27 am

Maturnuwun, Mas. Saya adopsi artikel ini menjadi http://yusufzulkarnain.blogspot.com/2012/05/protes-terhadap-indonesian-idol.html untuk memberi peringatan terhadap bahaya pemikiran agen-agen Amerika di Indonesia. Mudah-mudahan memberi manfaat.

Reply

jivi May 14, 2012 at 7:15 pm

@yusuf : silahkan dengan senang hati

Reply

Leave a Comment

Previous post:

Next post: